10 Februari 2020 13:55:08
Ditulis oleh Admin

Sosialisasi dan Pembentukan Tim Pengangkatan Perangkat Desa Tahun 2020

www.tegalrejo-merakurak.desa.id  - Hari ini Senin, 10 Februari 2020, diselenggarakan Sosialisasi dan Pembentukan Tim Pengangkatan Perangkat Desa. Udangan yang hadir dalam kegiatan tersebut meliputi Forkopimka Kecamatan Merakurak, Perangkat Desa, BPD, LPMD, Ketua RT, Tokoh Masyarakat dan perwakilan Perempuan. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesi Raya dilanjut dengan sambutan pembukaan oleh Kepala Desa Tegalrejo, Triyono.

Dalam sambutannya, Triyono menyampaikan bahwa setiap warga Desa Tegalrejo berhak mengikuti kontestasi ujian pengisian perangkat desa tersebut jika memang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Pada kesempatan yang sama Ia menghimbau kepada Tim yang terpilih untuk menjadi panitia pengangkatan agar tidak bermain-main dengan suap. “tolong untuk panitia (tim) yang nanti terpilih supaya jangan mau jika ada yang memberi sejumlah uang agar diloloskan jadi perangkat desa” tuturnya. Pada pengangkatan perangkat desa tahun ini, di Desa Tegalrejo terdapat kekosongan pada jabatan Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan yang sebelumnya dijabat oleh Supardi sampai tanggal 28 Desember 2018.

Selanjutnya giliran Camat Merakurak, Breddy Arianto, M.AP., menyampaikan sembutannya sekaligus menyampaikan tujuan Sosialisi. “jabatan yang kosong ini merupakan jabatan yang vital bagi desa, yaitu Kaur Perencanaan.” Ucap Breddy dalam pembukaan sosialisasi. Ia menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan syarat dan ketentuan untuk bisa ditugaskan menjadi Tim Pengangkatan Perangkat Desa. Tim terdiri dari minimal 5 orang dan bisa lebih dalam hitungan ganjil sesuai kebutuhan lowongan yang ada. Sedangkat yang bisa dipilih dalam Tim meliputi : Perangkat Desa, Pimpinan/anggota BPD, Pimpinan/anggota Lembaga Kemasyarakatan dan Tokoh Masyarakat.

Sebelum membentuk Tim Pengangkatan, Kepala Desa menawarkan pada forum yang hadir butuh berapa orang untuk mengisi Tim Pengangkatan tersebut. Dan forum menyepakati 7 orang untuk ditugaskan menjadi Tim Pengangkatan. Berikut adalah komposisi Tim Pengangkatan Perangkat Desa – Desa Tegalrejo Tahun 2020, yaitu : Ketua: Dwi Anto (Ketua BPD), Sekretaris: Ainur Rohmah (Anggota BPD), Anggota: Samaji (Perangkat Desa/PKA), Samu (Tokoh Masysrakat), Ektias (Perangkat Desa), Mashuri (Tokoh Masyarakat) dan Anisah (Anggota BPD).

Selanjutnya, Paling lambat 7 (tujuh) hari sejak terbentuk, Tim Pengangkatan Perangkat Desa harus sudah mengumumkan kepada warga masyarakat dengan cara mengumpulkan warga dan membuat pengumuman tertulis dengan mencantumkan persyaratan-persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 dan Pasal 13 ayat (2) Peraturan Bupati Tuban Nomor 30 Tahun 2017 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 2 Tahun 2016 tentang Perangkat Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Nomor 41  Tahun 2019 dan membuka pendaftaran bakal calon Perangkat Desa. (As)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus