26 Agustus 2016 15:38:09
Ditulis oleh Admin

Sejarah Desa

Nama Tegalrejo, menurut penuturan beberapa sesepuh desa artinya adalah tegale rejo. Menurut bahasa “Tegalrejo” berasal dari penggabungan dua kata “Tegal” dan “rejo”. Tegal atau tegalan adalah sebuah kata dari bahasa Jawa yang arti harafiahnya adalah ladang (lahan pertanian kering atau tadah hujan), sedangkan rejo juga sebuah kata dari bahasa Jawa yang arti harfiahnya adalah ramai. Jadi, secara bahasa nama Desa Tegalrejo memiliki arti ladang yang ramai.

Hal ini erat kaitannya dengan mata pencaharian Masyarakat yang mayoritas adalah sebagai petani dan mengandalkan lahan pertanian ladang, sehingga ladangnya ramai oleh masyarakat yang sedang bertani. Nama Tegalrejo, menurut penuturan beberapa sesepuh desa artinya adalah tegale rejo. Menurut bahasa “Tegalrejo” berasal dari penggabungan dua kata “Tegal” dan “rejo”. Tegal atau tegalan adalah sebuah kata dari bahasa Jawa yang arti harafiahnya adalah ladang (lahan pertanian kering atau tadah hujan), sedangkan rejo juga sebuah kata dari bahasa Jawa yang arti harafiahnya adalah ramai. Jadi, secara bahasa nama Desa Tegalrejo memiliki arti ladang yang ramai.

Hal ini erat kaitannya dengan mata pencaharian Masyarakat yang mayoritas adalah sebagai petani dan mengandalkan lahan pertanian ladang, sehingga ladangnya ramai oleh masyarakat yang sedang bertani.Ada juga yang menuturkan asal usul nama Tegalrejo itu muncul karena ada keramaian di tegal (ladang).

Alkisah, waktu itu ada seekor kijang yang masuk diperkampungan dan dikejar oleh penduduk setempat. Kijang tersebut lari sampai ke tegal dan setelah sampai di tegal penduduk kehilangan jejak kijang yang diburunya. Sehingga terjadi keramaian (rejo) di tegal karena banyak penduduk yang ikut mencari keberadaan kijang tersebut. Menurut penuturan tokoh setempat, Desa Tegalrejo sudah ada sejak sebelum kemerdekaan Republik Indonesia sebagai desa adat saat itu. Namun demikian, sampai sejauh ini belum ada sumber yang bisa menjelaskan asal usul dari nama Desa Tegalrejo.

Berdasarkan penuturan salah seorang Tokoh Masyarakat, Desa Tegalrejo sudah ada sejak Kepemimpinan Petinggi Radiyo yang menjabat sejak tahun tahun 1891an. Pada waktu kepemimpinan Petinggi Radiyo, terjadi penggabungan dua desa yang bersebelahan. Alasan penggabungannya karena kepala desa dari kedua desa tersebut masih saudara dan kemudian dijadikan satu dengan Petinggi Radiyo sebagai kepala desanya untuk pertama kali. Adapun kepala desa yang pernah menjabat hingga sekarang adalah sebagai berikut: 

1. Radiyo (tahun1891 s.d 1911), 

2. Sedo (tahun 1911 s.d 1931), 

3. Karjan (tahun 1931 s.d 1978), 

4. M. Rajimin (tahun1979 s.d 1991), 

5. Warsito (tahun 1991 s.d 1999), 

6. Paneli (tahun1999 s.d 2013), 

7. Triyono (tahun 2013 s.d sekarang).



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus